Pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh ketua program studi FIKES

| 13-03-2020   16:20:35 WIB | dilihat kali

Alhamdulillah, hari ini Jum`at (13 Maret 2020) telah dilaksanakannya pengabdian masyarakat oleh ketua program studi D-III Kebidanan, Ketua Program studi D-IV Kebidanan dan Ketua program studi Psikologi di SMA Kartika XIV-1 Banda Aceh. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi. Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh setiap dosen di Lingkungan Universitas Ubudiyah Indonesia, kali ini tema yang diangkat oleh para dosen Fikes yaitu seminar sehari mengenai" Kesehatan dan Permasalahan Remaja Milenial" yang merupakan salah satu topik terhangat dan sedang concern di masyarakat terutama pada remaja milenial. Pada saat berlangsungnya seminar, para siswa sangat antusias bertanya dan berdiskusi mengenai topik seminar tersebut, salah satunya mengenai “perbedaan bipolar dan psycho?”. Pemateri yang merupakan dosen psikologi (Dwi Rahmalia, S.Psi., M.Psi) memaparkan bahwa bipolar dan psycho merupakan gangguan, dimana bipolar adalah gangguan emosi atau lebih tepatnya perubahan suasana hati yang kadang gembira dan kadang sedih, bisa up dan down sedangkan psycho adalah gabungan gangguan kepribadian dan mental, gangguan kepribadian seperti anti sosial, dan gangguan mental seperti terjadinya halusinasi ataupun delusi.

Salah satu siswa juga bertanya mengenai virus corona, dimana virus tersebut sangat concern di masyarakat saat ini, “apakah vaksin virus corona belum ditemukan?”. Pemateri juga sekaligus dosen D-IV Kebidanan (Sahbainur Rezeki, S.ST., M.KM) memberikan jawaban yang sangat membantu memahami mengenai vaksin, yaitu saat ini vaksin virus corona belum ditemukan, namun para peneliti akan terus berusaha dalam menemukan vaksin yang cocok untuk penyakit tersebut, namun pencegahannya yang telah dipaparkan saat materi berlangsung seperti cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, etika ketika bersin dan batu, hindari memakan daging mentah dan setengah matang dapat meminimalisir kita dengan virus tersebut.

Dalam kegiatan sehari-hari, jika kita terbiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, maka tubuh kita akan memiliki stamina yang cukup fit sehingga daya tahan tubuh mampu memerangi penyakit yang masuk ke dalam tubuh kita.

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Orang yang pandai membaca Al Qur'an akan bersama malaikat yang mulia lagi berbakti, dan yang membaca tetapi sulit dan terbata-bata maka dia mendapat dua pahala. (HR. Bukhari dan Muslim) "